Cara Mudah Belajar Matematika

Materi Matematika SMP Kelas VIII Perkalian Bentuk Aljabar

SHARE
,

Melanjutkan postingan kami yang kemarin yang membahas materi Operasi Bentuk Aljabar, Pada kesempatan kali ini yang akan kami sampaikan yaitu Operasi Perkalian Bentuk Aljabar. Sebagai dasar kita dalam mempelajari Operasi Perkalian Bentuk aljabar ini yang pertama kita harus tahu adalah mengenai sifat distributif yang berlaku pada perkalian bentuk aljabar.

distributif adalah suatu penggabungan dengan cara mengkombinasikan bilangan dari hasil operasi terhadap elemen-elemen kombinasi tersebut. Dalam Matematika Sifat Distributif juga dapat disebut sebagai sifat penyebaran. untuk lebih dapat memahami sifat distributif dalam matematika mari perhatikan contoh – contoh di bawah ini :

a. 2 ( x – 4 )

b. 6x (y + 9 )

Penyelesaian :

a. 2 ( x – 4 ) = 2x – 8

b. 6x (y + 9 ) = 6xy + 54x

1.Perkalian Bentuk Aljabar Suku Satu Dengan Suku Dua

Untuk dapat di mengerti mengenai bentuk aljabar suku satu perhatikan contoh soal di bawah ini :

a. 6y

b. 17x

Bentuk aljabar suku Dua :

a. x +5x

b. 5x – 3x

Setelah kita dapat memahami bentuk aljabar suku satu dan bentuk aljabar suku dua barulah kita mulai untuk membicara kan pada inti dari postingan ini yaitu operasi perkalian bentuk aljabar.  Dalam konteks   perkalian bentuk aljabar suku satu dengan bentuk aljabar suku dua dapat dibilang mudah. Karena kita dapat secara langsung menggunakan sifat distributif dalam menyelesaiakan soal – soal perkalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua. Untuk lebih jelasnya mari kita simak soal dan pembahasan perklalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua berikut ini :

Contoh Soal :

a. 2(x + 3)

b. 3x(y + 5)

c. –5(9 – y)

d. –9p(5p – 2q)

Pembahasan Soal:

a. 2(x + 3) = 2x + 6

b. 3x(y + 5) = 3xy + 15x

c. –5(9 – y) = –45 + 5y

d. –9p(5p – 2q) = –45p2 + 18pq

Dari Soal dan Pembahasa di atas dapat kita simpulkan bahwa pada perkalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua dapat dilakukan secara langsung menggunakan sifat distributif.

2. Perkalian Bentuk Aljabar Suku Dua Dengan Suku Dua

Untuk menyelesaikan soal – soal perkalian bentuk aljabar suku dua dengan suku dua tidaklah jauh berbeda dengan menyelasaikan perkalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua. Untuk lebih jelasnya perhatikan Soal dan pembahasan di bawah ini:

Contoh :

Diketahui sebuah persegi panjang memiliki panjang (5x + 3) cm dan lebar (6x– 2) cm. Tentukan luas persegi panjang tersebut.
Jawab:
Diketahui : p = (5x + 3) cm dan l = (6x – 2) cm
Ditanyakan : luas persegi panjang
Luas = p × l
= (5x + 3)(6x – 2)
= (5x + 3)6x + (5x + 3)(–2)
= 30×2 + 18x – 10x – 6
= 30×2 + 8x – 6
Jadi, luas persegi panjang tersebut adalah (30×2 + 8x – 6) cm2

Amati kembali Contoh Soal Di atas . Ternyata perkalian dua suku bentuk aljabar (a + b) dan (c + d) dapat ditulis sebagai berikut.

(a + b)(c + d)

= (a + b)c + (a + b)d

= ac + bc + ad + bd

= ac + ad + bc + bd

Secara skema, perkalian ditulis:

Cara seperti ini merupakan cara lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan perkalian antara dua buah suku bentuk aljabar. Pelajari contoh soal berikut.

a. (x + 1)(x + 2)

b. (x + 8)(2x + 4)

c. (x – 2)(x + 5)

d. (3x + 4)(x – 8)

Pembahasan :

Soal Dan Pembahasan Perkalian Bentuk Aljabar

Demikian Pembahasan kita untuk kali ini dalam perkalian bentuk aljabar. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

PASSWORD RESET

LOG IN