Cara Mudah Belajar Matematika

Tokoh Matematika di Dunia

SHARE
,
      4. Archimedes (Yunani, 287-212 SM)

    Archimedes adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal, ia mempelajari matematika, fisika dan membuat banyak penemuan.

    archimedes

    Archimides menemukan sebuah prinsip tuas yang dapat menggerakkan benda berat hanya dengan sedikit usaha yang terkenal dengan sistem katrol yang didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal sendirian saja.

      5. Ali bin Abi Thalib (Saudi Arabia 658-695 M)

    Ali bin Abi Thalib adalah seorang ilmuan yang berasal dari Arab.

    ali-bin-abi-tholib

    Ali bin Abi Thalib lahir sekitar 13 Rajab 23 Pra Hijriah/599 Masehi, beliau wafat pada 21 Ramadan 40 Hijriah/661 Masehi. Sejak kecil Ali bin Abi Thalib suka untuk mencari dan berbagai ilmu. Ali juga ikut berpartisipasi dengan Nabi Muhammad. Kemudian Ali menikah dengan putri Rasul, Fatimah ra dan tinggal di tempat yang sangat sangat sederhana. Meski tinggal di kesederhanaan Ali tidak surut dalam mencari ilmu pengetahuan, tak heran bila Rasul pernah bersabda, “Jika saya Kota Ilmu maka Ali adalah gerbang“.
    Ali mempopulerkan simbol angka dalam huruf Arab dengan yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0. Ali juga yang menyederhanakan penulisan lambang dari angka Romawi di mana sepuluh dengan “X”, dengan “C” ratus, seribu dengan “M” dan seterusnya

      6. Al-Khwarizmi (Persia, 780-850 M)

    Nama lengkap Al Khwarizmi adalah Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi.

    Al-Khwarizmi

    Al-khwarizmi dikenal sebagai bapak aljabar karena penemuannya yaitu rumus ABC untuk menemukan penyelesaian persamaan kuadrat. Rumus tersebut pertama kali muncul dalam buku karyanya yang terkenal, yaitu kitab Al Mukhtasar fii Hisab Aljabar wal Muqabbala. Buku karyanya tersebut merupakan buku aljabar pertama yang dibuat matematikawan yang pernah lahir di muka bumi saat itu.

      7. Ibnu Sina (980 – 1037 M)

    Ibnu Sina sering dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat

    ibnu-sina

    Ibnu Sina adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia ( persia sudah menjadi bagian Uzbekistan sekarang). Beliau sering juga disebut sebagai “Bapak Pengobatan Modern” kerena banyak karya besarnya membahas mengenai filosofi dan pengobatan. Qanun fi Thib adalah salah satu karya yang sangat terkenal dari Ibnu Sina yang selama berabad-abad dijadikan rujukan di bidang kedokteran.
    Ibnu Sina juga merupakan pengarang dari 450 buku pokok bahasan besar yang beberapa diantaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran.

Pages : 1 2 3

PASSWORD RESET

LOG IN