Cara Mudah Belajar Matematika

Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan Lanjutan

SHARE
,

Pada materi sebelumnya, sudah dibahas mengenai materi matematika SMP kelas VII mengenai pecahan, yaitu, pengertian pecahan, Pecahan senilai, dan Menyederhanakan Pecahan.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lanjutan materinya,
Mari kita simak bersama,

4. Menyatakan Hubungan Antara Dua Pecahan.
Perhatikan gambar berikut :

pecahan a dan b

Pada gambar tersebut, dapat terlihat pada (a) daerah yang diarsir adalah \frac{1}{3} bagian, sedangkan pada (b) daerah yang diarsir adalah \frac{2}{3} bagian. Tampak bahwa luas arsiran pada gambar (b) lebih besar dari luas arsiran pada gambar (a), atau dapat dituliskan \frac{1}{3} < \frac{2}{3} atau \frac{2}{3} > \frac{1}{3}.

Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa untuk menyatakan hubungan dua pecahan, bandingkan pembilangnya, jika penyebut kedua pecahan sama. Adapun jika penyebut kedua pecahan berbeda, untuk membandingkan pecahan tersebut, samakan terlebih dahulu penyebut kedua pecahan (dengan menentukan KPK dari penyebut kedua pecahan), kemudian bandingkan pembilangnya.

Contoh :
Berilah tanda > atau < untuk setiap pernyataan berikut, sehingga menjadi pernyataan yang benar. a. \frac{3}{4} ….. \frac{2}{3}
b. \frac{5}{9} ….. \frac{3}{5}
Jawab :
a. \frac{3}{4} dan \frac{2}{3}, samakan penyebutnya sehingga ;
\frac{4}{12} dan \frac{8}{12}
Jadi, dapat diketahui bahwa;
\frac{4}{12} < \frac{8}{12}
atau
\frac{8}{12} > \frac{4}{12}

b. \frac{5}{9} dan \frac{3}{5}, samakan penyebutnya sehingga ;
\frac{25}{45} dan \frac{27}{45}
Jadi, dapat diketahui bahwa;
\frac{25}{45} < \frac{27}{45}
Atau
\frac{27}{45} > \frac{25}{45}

5. Menentukan Letak Pecahan Pada Garis Bilangan.
Pada bab sebelumnya kalian telah mempelajari letak bilangan bulat pada garis bilangan. Coba kalian ingat kembali garis bilangan pada bilangan bulat.

garis bilangan

Pada garis bilangan, bilangan pecahan terletak di antara dua bilangan bulat. Sebagai contoh, jika pada garis bilangan di atas, jarak antara dua bilangan bulat yang berdekatan kalian bagi dua maka garis bilangannya menjadi ;

garis bilangan 2

Adapun untuk letak pecahan yang lain, dapat kalian tentukan dengan membagi jarak antara dua bilangan bulat menurut besarnya penyebut.
Pada garis bilangan, pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan, sedangkan pecahan yang lebih kecil berada di sebelah kiri.

6. Menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan.
Misalkan, kita mempunyai pecahan \frac{1}{6} dan \frac{2}{6}. Menurutmu, apakah ada bilangan pecahan yang terletak di antara pecahan\frac{1}{6} dan \frac{2}{6} ?  Untuk menjawabnya, perhatikan bahwa\frac{1}{6} = \frac{2}{12}dan\frac{2}{6} = \frac{4}{12}Kita peroleh bahwa\frac{2}{12} < \frac{3}{12} < \frac{4}{12}.  Jadi, pecahan yang terletak di antara\frac{1}{6} dan \frac{2}{6} adalah \frac{3}{12}.

Di antara dua pecahan yang berbeda selalu dapat ditemukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan tersebut.

Untuk menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan, langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Samakan penyebut dari kedua pecahan. Kemudian, tentukan nilai pecahan yang terletak di antara kedua pecahan tersebut.
b. Ubahlah lagi penyebutnya, jika belum diperoleh pecahan yang dimaksud. Begitu seterusnya.

Sekian materi matematika SMP kelas VII mengenai pecahan.
Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.
Terima Kasih

PASSWORD RESET

LOG IN